Faktor Kesuburan Pasutri

Banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan pasangan suami dan istri. Kamus Hamil akan mengulasnya untuk Anda.

Infertilitas itu ada dua jenis, yaitu infertil primer dan infertil sekunder. Infertil primer adalah infertilitas yang terjadi pada wanita yang memang belum pernah hamil sedangkan infertil sekunder terjadi pada wanita yang sudah pernah hamil dan melahirkan sebelumnya. Kebanyakan yang terjadi di masyarakat adalah infertil primer.

Perlu Anda ingat, bahwa infertilitas tidak selalu disebabkan oleh ketidaksuburan pihak istri saja melainkan juga ketidaksuburan suami. Jadi, ketika kita berbicara tentang apa penyebab infertilitas, kita harus membahas kedua pihak, mulai dari struktur alat reproduksinya sampai ke detail-detailnya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan pihak istri, di antaranya adalah sumbatan pada saluran telur atau rahim. Sumbatan ini bisa jadi disebabkan oleh infeksi ataupun oleh adanya tumor. Pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui pasti penyebab sumbatan ini. Penyebab lainnya, bisa karena gagal matang sel telur (kegagalan ovulasi). Hal ini disebabkan karena terganggunya keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Sementara di pihak suami, juga banyak faktor yang bisa menjadi penyebab ketidaksuburan. Di antaranya adalah kesulitan ereksi (impotensi), kualitas sperma yang buruk, pola hidup, pengaruh konsumsi obat-obatan, cedera, penyakit, usia dan status gizi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan suami bahkan perlu diperhatikan sampai hal-hal yang kadang dianggap sepele. Misalnya saja, celana suami yang ketat. Celana yang ketat akan meningkatkan suhu di sekitar buah zakar. Suhu panas di sekitar buah zakar bisa menurunkan jumlah dan kualitas sperma suami. Ini sama halnya dengan berendam air panas, jacuzzi atau pun sauna.

Hal lain yang sering dianggap sepele adalah gelombang elektromagnetik dari barang-barang elektronik. Dalam sebuah jurnal Fertility and Sterility dilaporkan bahwa kesuburan pria bisa terpengaruh akibat paparan gelombang elektromagnetik yang berasal dari barang-barang elektronik seperti handphone maupun laptop. Utamanya bila handphone dililitkan di pinggang atau selalu dimasukkan ke kantung celana sehingga jaraknya dekat dengan buah zakar pria. Menggunakan laptop dengan cara memangkunya di atas paha juga bisa berbahaya karena gelombang elektromagnetik dan suhu panas laptop.

Masih banyak sekali hal-hal lain yang perlu Anda ketahui tentang masalah ketidaksuburan ini. Di klinik tempat saya praktik, pasien masalah ketidaksuburan seringkali langsung bertanya, "Jadi dok, bagaimana caranya supaya bisa segera hamil?' Terus terang, saya sering kebingungan bagaimana memberi jawaban yang benar-benar lengkap sementara saya tidak punya banyak waktu karena di klinik saya harus melayani begitu banyak pasien. Masalah ketidaksuburan adalah sebuah masalah besar yang sifatnya kompleks, jadi sangat sulit memberi jawaban memuaskan dalam waktu yang sangat terbatas.

No comments:

Post a Comment